DaerahSoppeng

Wakil Bupati Soppeng Menggugah Sinergi Sektor dalam Menangkal Stunting Tahun 2024

×

Wakil Bupati Soppeng Menggugah Sinergi Sektor dalam Menangkal Stunting Tahun 2024

Share this article

Aroma harapan menyelimuti ruang rapat Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng pada Rabu, 21 Februari 2024, ketika Bappelitbangda Kabupaten itu mempertemukan sejumlah elemen penting dalam upaya memahami realitas mencekam yang melingkupi program penurunan stunting.

Kepala Bappelitbangda, Andi Agus Nongki, menghela napas panjang sebelum memulai laporan pentingnya. Kegiatan analisis situasi yang diusung bertujuan tak sekadar menempuh jalur rutin, namun lebih jauh, membantu pemerintah setempat menetapkan langkah prioritas serta meningkatkan kualitas layanan. Menyoal akses terhadap intervensi gizi, Nongki meyakinkan bahwa hasil analisis ini akan menjadi pemandu langkah untuk mengalokasikan sumber daya dengan lebih bijak.

Sesungguhnya, analisis situasi bukan semata mengekspos masalah, tetapi juga menawarkan terang bagi kebijakan strategis. Melalui pemetaan desa dan kelurahan prioritas serta rekomendasi penyempurnaan layanan, diharapkan terwujudnya perubahan nyata dalam pemberantasan stunting.

Acara ini turut dihadiri oleh beragam pihak, mulai dari unsur TPPS hingga perguruan tinggi, menegaskan betapa seriusnya upaya Kabupaten Soppeng dalam menghadapi persoalan kesehatan masyarakatnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP, menekankan perlunya sinergi lintas sektor dalam mengawal program percepatan penurunan stunting. Ia menyoroti pentingnya pendekatan multisektor yang tidak hanya menumpu pada aspek intervensi gizi, tetapi juga pencegahan melalui sasaran strategis, seperti remaja, calon pengantin, hingga ibu dan bayi.

Tak lupa, Halide menyinggung tentang pentingnya koordinasi dalam menggerakkan roda program ini. Dengan menggandeng berbagai lintas program dan sektor melalui serangkaian aksi konvergensi, diharapkan Kabupaten Soppeng mampu menorehkan prestasi signifikan dalam menangkal stunting.

“Hari ini, kita memulai aksi pertama, yaitu analisis situasi program penurunan stunting. Langkah ini penting untuk mengenali akar permasalahan dan merumuskan kebijakan yang tepat sasaran,” tegas Halide.

Melangkah bersama, semangat dan komitmen menghadapi tantangan stunting ini semakin kuat. Dengan sinergi yang mantap dan analisis yang teliti, Kabupaten Soppeng bertekad memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.