Berita

Pemkab Soppeng Lakukan Kunjungan Studi Tiru ke MPP Badung untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

×

Pemkab Soppeng Lakukan Kunjungan Studi Tiru ke MPP Badung untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Share this article

Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan kunjungan studi tiru ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Badung pada Jumat, 6 September 2024. Kegiatan ini dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Hj. Andi Nurlina, beserta sejumlah kepala SKPD, camat, kepala desa, tim teknis, dan operator pelayanan.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala DPMPTSP Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan, beserta jajarannya. Dalam sambutannya, Hj. Nurlina menyampaikan apresiasi atas kesempatan untuk belajar dari MPP Badung. Ia berharap kunjungan ini dapat memperluas pengetahuan tentang penyelenggaraan MPP dan menjadi contoh dalam pengembangan MPP di Kabupaten Soppeng yang telah beroperasi sejak 2023.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Soppeng, sehingga masyarakat dapat menikmati layanan administrasi yang cepat dan akurat dalam satu pintu,” tambahnya.

Kepala DPMPTSP dan Nakertrans Kabupaten Soppeng, A. Dhamrah, menjelaskan bahwa MPP Badung dipilih sebagai lokasi studi tiru karena sistem pelayanan publik yang prima dan penghargaan yang diterima dari Kementerian PANRB sebagai pelayanan publik terbaik di Indonesia. Ia menekankan pentingnya melihat langsung cara tenant-tenant di MPP Badung memberikan layanan kepada masyarakat.

Dhamrah juga menjelaskan bahwa Kabupaten Soppeng memiliki Mal Pelayanan Publik bernama Mappatabe yang terintegrasi dengan sistem OSS (Online Single Submission). “Kami telah membangun Gerai Mappatabe di setiap desa sebagai perpanjangan dari MPP di Kota Soppeng dan juga menyediakan aplikasi PTSP yang dapat diakses masyarakat melalui smartphone untuk mempermudah proses administrasi,” ujarnya.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan, menambahkan bahwa keberhasilan MPP memerlukan integrasi pelayanan, inovasi digital, serta peningkatan kualitas dan integritas pelayanan. Ia berharap Kabupaten Soppeng dapat mengadopsi beberapa inovasi yang telah diterapkan di MPP Badung.

Kunjungan studi tiru ini diharapkan memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi Kabupaten Soppeng untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di MPP mereka.